Jumat, 21 Agustus 2020

Sekilas tentang Rayap


Rayap tanah Reticulitermis flavipes (Kollar) mungkin merupakan spesies yang paling merusak dan tersebar luas di Amerika Utara. Spesies ini telah menyesuaikan diri dengan Ontario selatan sedemikian rupa sehingga 27 kotamadya melaporkan beberapa tingkat infestasi.

Rayap tanah pertama kali dilaporkan di Ontario di Point Pelee pada tahun 1929. Kemudian dilaporkan di Toronto (1938), Windsor (1950), Kincardine (1954), Oxley (1955), Amherstburg dan Dresden (1968) dan Guelph (1975) . Saat ini di Metropolitan Toronto, area yang dipenuhi rayap meluas hingga radius sekitar 30 kilometer.

Berbeda dengan rayap, semut kayu tidak memakan kayu dan bahan berbasis selulosa lainnya, melainkan hanya menggali tempat tinggal dan ruang penetasan yang biasanya terbatas luasnya.

Kumbang pasca bubuk hanya melakukan kerusakan yang signifikan jika beberapa generasi terus menerus menempati kembali bagian kayu yang sama. Selain itu, kerusakan kumbang pasca bubuk terbatas pada kayu keras, dan karena sebagian besar kerangka struktural terbuat dari kayu kayu lunak, serangga ini jarang diserang.

Semut tukang kayu, yang ditemukan di Pacific Northwest, Midwest bagian utara, New England, dan Kanada bagian selatan, dapat dibedakan dari rayap karena warnanya yang gelap, pinggang yang sempit, antena siku, dan jika ada, sayap depan dan belakang kecil yang besar. Semut tukang kayu jarang menyerang kayu yang kedap suara, lebih menyukai kayu lembap, penyekat busa atau selulosa, dan tidak menggunakan kayu untuk makanan. Mereka lebih mudah terlihat daripada rayap karena mereka mengeluarkan serpihan kayu dari penggalian mereka, dan mencari makan di tempat terbuka. Kehadiran semut tukang kayu dapat mengindikasikan masalah kelembapan pada bangunan karena mereka umumnya lebih menyukai kayu yang sudah membusuk.

Beberapa spesies kumbang bubuk dapat ditemukan di AS dan Kanada. Panjangnya bervariasi dari 1/16 "hingga 3/8", tetapi umumnya memiliki badan pipih, kepala menonjol, dan antena tersegmentasi. Kumbang serbuk kayu sejati hanya menyerang kayu keras (terutama ek, hickory, abu, kenari dan ceri) tetapi spesies kumbang kayu yang membosankan menyerang kayu keras dan kayu lunak.

Larva kumbang bubuk menyebabkan kerusakan senilai jutaan dolar di AS dan Kanada setiap tahun, dan hampir sama merusaknya dengan rayap. Kumbang dewasa bertelur di permukaan pori-pori kayu. Larva mengebor ke dalam kayu segera setelah menetas. Hidup di dalam hutan, mereka membuat terowongan yang disebut galeri saat mereka makan melalui kayu. Ketika larva hampir dewasa, mereka mengebor di dekat permukaan kayu dan menjadi kepompong. Kumbang dewasa mengebor keluar melalui permukaan segera setelah kepompong, mendorong serbuk kayu halus, biasanya berwarna tembaga ke kuning-emas, keluar dari kayu saat mereka muncul.

Karakteristik Rayap:

Rayap tanah adalah serangga sosial, memakan selulosa dan hidup berkoloni di dalam tanah. Koloni-koloni ini dekat dengan kelembaban, dan dapat dengan mudah dipindahkan karena suhu atau perubahan lingkungan lainnya. Rayap bergerak melalui tanah, di kayu itu sendiri, atau melalui tabung pelindung.

Dalam koloni rayap biasanya ada beberapa generasi. Koloni terdiri dari beberapa kasta (bentuk) (larva, nimfa, reproduksi sekunder dan primer, tentara dan pekerja), yang menjalankan tugas atau fungsi tertentu.

Reproduksi betina bisa mencapai ribuan telur. Telur-telur ini menetas dan melewati tahap yang belum matang (larva) sebelum akhirnya berdiferensiasi menjadi kasta pekerja, tentara, atau reproduksi.

Reproduksi betina primer (ratu), sangat jarang ditemukan di Ontario, sedangkan reproduksi sekunder di koloni melakukan reproduksi ekstensif.

Dua kasta non-reproduktif tak bersayap itu terdiri dari prajurit dan pekerja. Para prajurit mempertahankan koloni dari serangan luar, sedangkan para pekerja menjalankan semua tugas kecuali pertahanan dan reproduksi. Misalnya, pekerja memberi makan reproduksi, larva dan tentara, merawat telur, dan membangun terowongan dan tabung penampungan. Kasta prajurit terdiri dari orang dewasa yang mandul dengan kepala besar dan bagian mulut seperti penjepit. Prajurit ini membentuk 2-3% dari total koloni.

Seperti diketahui dari tim jasa basmi rayap,  tiga metode yang diketahui untuk membangun koloni rayap baru.

Metode pertama, umum di iklim hangat di Amerika Serikat bagian selatan, disebut swarming. Ini biasanya terjadi pada musim semi, ketika sejumlah besar reproduksi primer bersayap (alates) (foto atas) muncul dari koloni, terbang dalam jarak yang sangat pendek, kawin dan kemudian membentuk koloni baru. Meskipun alate ditemukan di Ontario, mereka jarang berkerumun.

Metode kedua disebut "budding". Dalam metode ini, ketika koloni menjadi cukup besar, atau sebagian koloni terpisah dari koloni utama, reproduksi sekunder baru terbentuk dari larva atau nimfa dan nukleus koloni baru terbentuk.

Metode penyebaran ketiga adalah melalui pengangkutan kayu atau tanah yang terserang ke lokasi baru. Sedikitnya 15-40 larva atau nimfa yang terkandung dalam bahan yang terinfestasi dapat berganti bulu menjadi reproduksi sekunder dan memulai koloni baru.

Rayap pekerja berwarna putih dan panjangnya kira-kira 6mm (1/4 inci). Antena mereka lurus (tidak siku) dan tubuh tidak menyempit di pinggang, yang membedakan mereka dari semut. Mereka memiliki bagian mulut yang mengunyah dan bertanggung jawab untuk mencari makan dan memberi makan anggota koloni yang bergantung. Usus belakang pekerja mengandung protozoa (hewan bersel satu) yang membantu memecah selulosa menjadi bagian-bagian komponennya yang dapat dicerna oleh rayap. Rayap pekerja menyebabkan kerusakan struktural.

Rayap prajurit memiliki ukuran dan warna yang serupa dengan pekerja, tetapi memiliki kepala berwarna kecoklatan yang membesar dengan rahang yang dimodifikasi besar (rahang besar yang menggigit), digunakan untuk pertahanan.

Rayap memiliki kutikula (kulit) yang sangat tipis dan akan cepat kering (mengering) jika terpapar ke lingkungan di luar habitat tertutupnya. Untuk menjaga lingkungan yang terkontrol dengan baik, rayap harus hidup dalam sistem tertutup. Koloni dalam kayu selalu berada di dalam cangkang luar dari bahan selulosa. Dengan cara ini, mereka terlindungi dari paparan ke luar.

Seringkali tabung pelindung yang terbuat dari partikel tanah yang disemen bersama oleh kotoran atau sekresi dari mulut digunakan untuk menghubungkan tanah luar ke sebuah bangunan dan untuk melintasi bagian beton atau logam dalam suatu struktur. Kehadiran tabung pelindung umumnya merupakan bukti fisik pertama dari infestasi rayap.

Kerusakan Kayu:

Rayap tanah sangat erat kaitannya dengan tanah, yang merupakan sumber utama kelembapan penunjang kehidupan. Makanan rayap terdiri dari selulosa yang diperoleh dari kayu dan produk kayu. Lebih disukai kayu lembab yang membusuk tetapi rayap juga bisa memakan kayu kering yang sehat.

Rangkaian galeri (area berlubang) yang dibuat oleh rayap di kayu memberikan tampilan sarang lebah. Galeri ini mengikuti alur kayu. Galeri interior berisi kotoran dan tanah keabu-abuan, yang disebut frass.

Kerusakan pada kayu biasanya tidak terlihat di permukaan, karena rayap menghindari paparan udara. Oleh karena itu, permukaan luar kayu harus dikupas untuk melihat kerusakannya .. Rayap tidak membuat kayu menjadi bubuk, atau mendorong partikel kayu ke luar seperti yang dilakukan beberapa serangga penggerek kayu, seperti semut tukang kayu dan kumbang tiang bubuk .

Bukti Infestasi:

Adanya tabung pelindung di atas permukaan dinding pondasi adalah tanda utama serangan rayap. Tabung ini memiliki lebar 6 mm (1/4 inci) hingga 12 mm (1/2 inci), dan dapat memanjang hingga beberapa sentimeter sampai kayu ditemukan. Tabung-tabung ini melindungi rayap dari efek pengeringan udara, dan menjaga kontak rayap dengan tanah.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah serangan rayap:

Melakukan pembersihan menyeluruh dan menyeluruh semua kayu bekas dan produk kayu dari sekitar properti.

Perbaiki drainase air di sekitar properti Anda. Jika tanah selalu lembab, kondisi optimal tersedia untuk rayap. Perbaiki atap palung, beton miring menjauh dari rumah dan perbaiki semua kebocoran.

Ventilasi yang tepat sangat penting untuk menghilangkan kondisi lembab. Area utama yang menjadi perhatian adalah beranda dan ruang merangkak. Jumlah ventilasi akan bervariasi sesuai dengan faktor regional dan lokal, dan harus memenuhi standar bangunan.

Putuskan kontak kayu-tanah. Sedikit pembersihan antara tanah dan struktur kayu sering mengakibatkan semua persyaratan fisik untuk infestasi rayap terpenuhi (kelembaban, kayu yang membusuk, dan makanan sudah tersedia). Aturan umumnya adalah bahwa harus ada jarak bebas 45cm (18 inci) antara tanah dan elemen horizontal terendah dari struktur. Jika pengerjaan kisi kayu digunakan di sekitar beranda, harus ada jarak 50 - 75 cm (20-30 inci) antara tanah dan pengerjaan kisi ini. Area masalah lainnya termasuk beranda dan tangga basement, di mana kayu bersentuhan langsung dengan tanah.

Rayap sering memasuki bangunan melalui retakan dan lubang serta sambungan ekspansi di pondasi. Ruang di sekitar perpipaan dan kabel juga merupakan titik masuk. Bukaan ini dapat diisi dengan pitch tar batubara tingkat atap, sealer atau produk mendempul komersial serupa.

Hindari menyimpan kayu api langsung di tanah. Kehati-hatian harus diberikan saat mendapatkan bahan yang menginfestasi (seperti tanah dan kayu yang dibuang) dari area rayap yang diketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar